Skip to content

Kearsipan Minut Ditunjang Sistem Online

June 7, 2018

Mexemelian Tapada

Minut,SuaraKawanu–Dinas Kearsipan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) tak henti melakukan terobosan yang cemerlang. Terbukti, instansi di bawah kepemimpinan Maxemelian Tapada ini, segera akan menerapkan sistem pelaporan kearsipan daerah  dengan menggunakan metode online. Hal ini nanti seluruh dokumen kearsipan akan di update dengan cara online.

Tapada saat diwawancarai sejumlah wartawan mengatakan, saat ini ia bersama jajaran sedang melakukan persiapan. Kata dia, nanti alatnya akan dikirim dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Menurutnya baru enam daerah yang memulai ini diseluruh Indonesia, termasuk diantaranya Minahasa Utara.

“Kita sudah mempersiapkan operatornya dari tenaga propesional, bukan dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Nanti dia yang bertugas full untuk menangani sistem ini. Sudah dikirim ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan, agar ketika alatnya sudah ada, bisa langsung dioperasikan. Intinya kita terus mematangkan persiapan-persiapanya,”kata mantan Kadis Pendidikan itu, kemarin.

Lanjutnya, ini tentu bagian dari kemajuan yang dilakukan ANRI, agar seluruh kearsipan di Indonesia, terjaga dan terawat. Tak hanya itu, arsip-arsip yang sudah tidak layak pakai lagi akan diketahui.”Jadi nantinya seluruh arsip yang ada di Minut, itu dilaporkan ke ANRI dan nanti dari situ mereka yang akan menilai mana yang masih relevan untuk digunakan,”terang Tapada.(INNOR)

From → Sulawesi Utara

Leave a Comment

Leave a comment